Cara Memijat Bayi Yang Dilakukan Moms di Rumah

kotrbiotechTernyata memijat bayi membuat rilex dan menambah kekebalan tubuh si bayi. Bagaimana Cara memijat bayiyang memiliki banyak manfaat, yuk simak penjelasannya berikut ini.

Pijatan untuk sang buah hati, memiliki banyak manfat di antaranya membuat sikecil dapat tidur lebih nyenyak dan dapat meredakan masalah pencernaan.

Daripada Moms harus sering-sering ke baby spa hanya demi memijat bayi, rasanya dapat menyita waktu dan juga mengeluarkan cukup biaya, ya kan moms ?

Sebenarnya cara untuk memijat bayi dapat Moms lakukan sendiri di rumah. Apalagi, selain itu menambah ikatan yang lebih erat antara Moms dan sikecil melalui pemijatan.

Cara Memijat Benar dan Aman Bagi Bayi

Dalam memijat bayi tentunya tidak boleh asal, ada teknik yang perlu Moms pelajari di rumah.

Berikut admin jelaskan langkah-langkah memijat bayi agar tidak rewel :

  • Suasana Ruangan yang Nyaman

Bayi sangat menyukai ruangan nyaman dan tidak bising, maka sebelum memijat bayi diusahakan sasana rumah dibuat senyaman mu ngkin.

  • Menggunakan Minyak Pijat Bayi

Gunakan minyak pijat yang aman untuk kulit bayi. Untuk memijat para Moms bisa menggunakan minyak alami atau nabati agar aman jika tak sengaja terjilat oleh bayi.

  • Cara Memijat Dada, Perut dan Tangan

Letakkan kedua tangan moms di dada bayi, usapkan tangan ke arah bahu lalu kembali ke posisi semula, seperti membentuk hati. Lakukan beberapa kali karena hal ini sangat disukai sang bayi.

  • Cara Memijat Wajah dan Leher

Para bagian wajah dan leher, memijat bayi yang benar dan aman dilakukan dengan perlahan-lahan. Dengan jari-jari kedua tangan Moms, usap dahi ke arah luar lalu turun ke arah pipi, sehingga seperti membentuk lingkaran.

  • Cara memijat Punggung Bayi

Posisi bayi telungkup dengan kepala mengarah ke kiri atau kanan. Buat seperti lingkaran-lingkaran kecil menggunakan jari Moms pada bagian punggung kiri, dari leher menurun hingga bokong.

  •  Lamanya Waktu Memijat

Perlu moms perhatikan, cara memijat bayi yang benar dan aman bisa dilakukan pada bayi berusia 6 minggu ke atas, terutama bayi yang belum merangkak.

Kenapa demikian, karena biasanya bayi yang sudah merangkak akan aktif bergerak dan sulit diajak diam untuk pijat. sedangkan durasinya, bayi bisa berlangsung selama 10-30 menit atau selama ia nyaman dan menyukainya.

Perlu diperhatikan dalam memijit bayi

Sebelumnya perlu moms ketahui beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam cara memijat bayi yang benar dan aman, agar sibayi tetap aman dan nyaman antara lain:

  • Hindari area kelamin
  • Jangan menekan atau memijat keras tulang punggung bayi
  • Jangan menggelitik bayi saat memijat. Tujuan pijat adalah untuk relaksasi, sedangkan menggelitik bisa membuat bayi Moms terganggu.
  • Jangan pija area pusar jika luka tali pusarnya belum betul-betul sembuh
  • Jangan samakan memijat orang dewasa dengan memijat bayi
  • Jangan paksakan memijat jika dia menunjukkan ketidaknyamanan
  • Jangan memijat saat Moms sedang stres atau tidak mood karena anak bisa merasakannya

Penutup

Demikian sedikit informasi yang dapat admin sampaikan, semoga bermanfaat dan jangan lupa dipraktekan dengan lembut dan penuh kasih sayang yan moms.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.